Sabtu, 23 Juni 2012

Perjalanan Menapaki Karir


      Aktifitas sehari hari sebagai Mahasiswa kadang kala membuat saya jenuh dengan kegiatan perkuliahan..Saya merasa bosan dgn Keadaan tersebut, dan akhirnya saya memutuskan untuk break dr aktifitas sbg Mahasiswa selama 1 semester .  
    Selang beberapa bulan saya tdk melakukan aktiftas perkuliahan akhirnya saya memutuskan untuk mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan dimana saya bisa meluapkan semua kejenuhan yang selama ini saya rasakan, awalnya saya  memulai karier dgn berprofesi sebagai model fotografer.     Sebagai seorang model, modal utama yang harus di miliki adalah proporsional tubuh, wajah yang rupawan, dan rasa percaya diri yang tinggi. Proporsional tubuh seorang model umumnya tinggi dan ramping. Wajah seorang model haruslah bisa menampilkan ekspresi senang, sedih, marah, takut, dan ekspresi menantang / antagonis. Rasa percaya diri juga harus di miliki. 
       Modal fisik seperti postur tubuh dan wajah yang rupawan saja tidak cukup bila tidak di imbangi dengan rasa percaya diri. Persyaratan tersebut sempat menjadi problem ketika memasuki dunia model. Bila saya tidak memiliki rasa percaya diri, saya tidak dapat tampilmaksimal di atas panggung karena seorang model selalu tampil di depan publik. Tehnik dan pengalaman berjalan di atas panggung juga harus saya miliki. Dengan memahami tekhnik, saya dapat dengan mudah membawakan baju dengan tema apa pun dan menyesuaikan langkah kaki dengan beatlagu.
     Selain itu kita menjadi tahu letak-letak pose pada panggung yang berbeda-beda bentuk. Pengalaman berjalan di atas panggung catwalk dapat melatih kemampuan dan rasa percaya diri saya sekaligus melatih keseimbangan berjalan menggunakan sepatu high heels . Pengalaman di bidang modelling pun saya miliki. Antara lain, Juara The Best Performance Pemilihan Putri Losari 2012, Juara 2 Busana Muslim Hijabers 2012, Juara Inti Bintang Idola 2012, dan yang terakhir sebagai Juara Harapan II Pemilihan Busana Sutra 2012. Dari pengalaman-pengalaman itulah saya melatih kemampuan saya. Saya juga harus pintar, tepat waktu, dan memiliki kemampuan berinteraksi yang baik. Setiap kali show, para model selalu di bekali dengan koreografi panggung. Jika seorang model tidak pintar-pintar menghafal arahan dari koreografer, maka iaakan kesulitan pada saat tampil.
     Untuk itu, sebagai model saya harus fokus dan konsentrasi pada saat latihan. Sebagai model, saya di tuntut untuk datang tepat pada waktunya atau setidaknya saya harus datang setengah jam sebelum show atau latihan di mulai. Dari sini saya dapat menunjukkan sikap seorang model yang profesional. Kemampuan berinteraksi juga harus saya miliki. Dengan demikian komunikasi dengan partner modelling, koreografer, fotografer, make up model ,dan lainnya dapat terjalin dengan baik dan lancar.
    Wawasan saya juga harus luas. Jadi, pada saat ada seseorang yang mengajak berdiskusi, saya dapat merespon dengan baik. Sikap dan penampilan tidak kalah penting. Cara bicara, cara duduk, caraberjalan, dan lain-lain juga harus dijaga. Saya harus bisa membedakan situasi dimana saya sedang berprofesi sebagai model, dan dimana saya menjadi seorang remaja pada umumnya. Yang biasanya bicara ceplas-ceplos dan tertawa cekikikan dengan teman sebaya harus saya ubah menjadi lebih anggun pada saat berada di situasi modelling.Yang biasanya saya duduk bersandar di kursi harus saya ubah menjadi duduk tegak tanpa bersandar di kursi. Untuk penampilan, saya selalu menyediakan bedak tabur,face paper dan lip gloss di dalam tas saya. Dalam aktifitas modelling sehari-hari jangan sampai wajah saya terlihat kusam. Minimal memakai bedak dan mengoleskan lip gloss agar bibir dan wajah tampak segar. Cara berpakaian pun begitu. Jilbab dan baju harus rapi tersetrika, pemilihan baju untuk mix-and-match juga harus cocok. Memiliki inner beauty dan bersikap rendah hati. Inner beauty adalah kecantikan dari dalam.
    Tidak hanya wajah yang rupawan saja,tapi keikhlasan,perasaan ceria, dan ketulusan menjalani profesi sebagai seorang model harusterpancar. Saya tidak boleh sombong meski pun seorang model sering tampil diberbagai media, karena semua orang melakukan proses belajar. Pasti di dalam dirisaya masih ada kekurangan dan masih ada yang harus diperbaiki agar saya bisa menjadi seorang model yang berpengalaman dan profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar